Thursday, 28 March 2013


MAKALAH PRODUKTIF
P2
SOFTWARE APLIKASI DRIVER
















KELAS X.TKJ 3

DISUSUN OLEH:
1.   
2.   
3.   



SMK BINA NUSANTARA UNGARAN
2013/2014




Driver


Driver device adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras.

Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi.

Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play).

Kita analogikan Driver ini adalah seorang sopir. Dan hardware-nya adalah mobil. Pastinya untuk mengendarai mobil, perlu sopir khusus untuk mobil itu. Tidak sembarang sopir bisa menyetir semua mobil. Jadi, perlu sopir khusus untuk bisa mengendarai mobil tertentu. Nah, kalau sopir-nya cocok dengan mobil, pasti mobil itu bisa jalan dengan lancar. Kira-kira begitulah logika dari sebuah Driver :)

Jadi,intinya driver itu sebgai jembatan komunikasi antara hardware dan software...kalo ga da driver yang terinstal...sudah tentu printer atau hardware ga bisa berfungsi...pada sistem...tetapi ada juga sistem operasi yang sudah mengintegrasikan beberapa driver kedalam sistemnya...jadi ga perlu install driver lagi...

Jenis-Jenis Driver


1.      Universal Driver – Sky Driver For Windows XP & Windows 7
Dengan Sky Driver kini kamu tidak perlu repot lagi mencari dan mendownload driver satu persatu, karena Sky Driver memiliki semua driver yang kamu butuhkan.
Penggunaanya juga sangat mudah, hanya dengan sekali “klik” akan menditeksi dan menginstal otomatis driver yang kamu butuhkan.
Penasaran?
sudah saya siapkan sesuai kebutuhan dan kemampuan.

2.     DriverPack Solution

DriverPack Solution 11.8 merupakan versi terbaru DriverPack Solution untuk saat ini, ada banyak penambahan fitur dan database driver, namun saya kurang tahu detailsnya, saya cari informasinya tidak ada di webnya.
DriverPack Solution ini merupakan sebuah program yang berisi kumpulan-kumpulan driver (automated driver installation) untuk semua versi windows (32/64 bit) yang dapat anda gunakan di berbagai macam komputer.
merupakan versi terbaru DriverPack Solution untuk saat ini, ada banyak penambahan fitur dan database driver, namun ane kurang tahu detailsnya.
DriverPack Solution 11.8 ini merupakan sebuah program yang berisi kumpulan-kumpulan driver (automated driver installation) untuk semua versi windows (32/64 bit) yang dapat anda gunakan di berbagai macam komputer. DriverPack Solution 11.8 ini sangat cocok bagi anda yang bekerja sebagai teknisi komputer.
Cara Install Driver Pada Komputer
Ada banyak cara installasi driver pada komputer, namun disini saya menjelaskan cara termudah dalam melakukan installasi.

  1. Masukan kepingan CD driver pada CD-ROM/RW drive
  2. Klik Start
  3. Klik kanan pada My Computer (windows xp), Computer (windows 7)
  4. Klik Properties
  5. Klik tab Hardware-Device Manager (windows x), Device Manager (windows 7)
  6. Klik kanan pada komponen yang bermasalah (ber-tanda tanya)

  1. Klik Update Driver
  2. Klik lingkaran kecil No, not this time kemudian Next


  1. Klik lingkaran kecil Install from a list of spesific location (Advanced)

  1. Klik/centang Search removable media (floppy, CD_ROM...) dan Include this location in the search


  1. Klik Browse kemudian cari file driver pada cd-rom/rd drive (sesuaikan dengan driver yang dibutuhkan, misalnya sound, vga, chipset dll) kemudian klik OK dan Next 

  1. Tunggu hingga proses installasi selesai dan klik Finish 
Selesai sudah proses installasi driver pada laptop maupun komputer desktop, apabila ada muncul pesan untuk melakukan restart komputer, klik saja restart komputer.
Demikian penjelasan cara melakukan installasi driver pada komputer dan laptop, semoga artikel ini bisa berguna.



Bagi yang pernah atau sering install ulang Windows, kadang direpotkan dengan installasi berbagai driver, seperti VGA, chipset, Sound Card, printer dan lainnya. Bahkan untuk laptop, mungkin installasi driver akan lebih banyak lagi, seperti LAN, Wireless LAN, Webcam, bluetooth, dan lainnya.
Untuk mempermudah dan mempercepat installasi berbagai driver ini, kita bisa menggunakan DriverMax, program yang bisa diperoleh dengan gratis.


Apa itu driver ?
Driver ( device driver ) merupakan software yang dikembangkan oleh pembuat perangkat keras (hardware) seperti Motherboard, VGA, LAN card, sound Card dan sebagainya agar bisa bekerja dengan aplikasi atau sistem operasi yang di install di komputer. Jadi driver berfungsi sebagai perantara antara Sistem Operasi dan hardware yang dipasang di komputer. Lebih detailnya bisa membaca Devide drivers
DriverMax merupakan software atau tool yang memungkinkan kita download driver terbaru langsung dari internet tanpa perlu susah-susah mencari sendiri atau install dari CD. Kita juga bisa meng-export hampir semua driver yang ada di komputer yang nantinya jika perlu install ulang windows, kita tinggal meng-import backup yang telah kita buat, dan tidak perlu report menginstall driver komputer satu persatu.

Program ini juga sangat bermanfaat jika komputer/PC sudah di install berbagai driver tetapi kita tidak mempunyai CD driver-nya. Atau kadang kita bingung ketika install ulang windows dan tidak tahu mana driver yang cocok untuk komputer kita.
Mendapatkan Lisensi Key gratis
Meski software ini gratis, tetapi setelah di install, akan muncul informasi bahwa penggunaan software ini terbatas 30 hari (trial). Untuk mendapatkan lisensi key dan program bisa digunakan tannpa batasan waktu dan free, kita harus mendaftarkan diri (pendaftaran gratis). Berikut langkahnya.
  1. Install Program yang telah di download
  2. Ketika muncul window “Evaluation version”, maka klik saja “Claim your registration code”
  3. Akan muncul “Forum Registration wizard”, ikuti langkah yang di tampilkan, mulai cari “Create an Account”
  4. Mengisi data diri, meliputi username, nama, dan password untuk menjadi anggota (member).
  5. Terakhir, kita masukkan email kita
  6. Setelah berhasil, maka tidak lama kemudian lisensi key akan dikirim ke email yang dimasukkan tersebut yang bisa kita gunakan untuk mengaktifkan software ini dengan klik “Enter Registration Code”.
Apa saja fitur DriverMax ?
  • Export berbagai driver hardware yang ada di komputer
  • Import driver dari driver yang sudah di export sebelumnya
  • Membuat laporan (report) tentang driver apa saja yang di install yang bisa juga di print.
  • Update dan Identifikasi driver langsung dari Internet (memerlukan koneksi internet)
  • Link ke hardware populer untuk windows XP dan vista, video card dan processor
Jika kita meng-export driver maka mungkin akan tampil informasi bahwa ada driver yang tidak bisa di backup ( tidak ada informasi driver yang di install / INF file ). Selain itu biasanya juga akan tampil banyak driver bawaan windows yang bisa kita abaikan (sudah ada ketika installasi windows), sehingga bisa mengurangi ukuran backup driver. Meskipun jika ingin di backup semua driver juga lebih aman.


Reactions:

0 comments :